Jumat, 27 Maret 2009

4 jam Tanpa LisTrik buaT bumi kita!

4 Jam Tanpa Listrik Demi Bumi

Bisakah kita mematikan semua peralatan listrik kita baik itu lampu, kulkas, TV, peralatan audio, AC begitu juga handphone selama 4 jam saja? Jika ini dilakukan semua orang berapa penghematan listrik yang kita dapatkan? Dengan penghematan listrik ini bisa saja kita tanpa sadar telah ikut berpartisipasi dalam penyelamatan bumi ini dari ancaman pemanasan global.

Kampanye mematikan peralatan listrik selama 4 jam inilah yang sedang dilakukan oleh Kolaborasi NGO Bali Untuk Perubahan Iklim. Kolaborasi yang terdiri dari Walhi Bali, Bali Organic Association (BOA), Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH), Yayasan Wisnu, dan Third World Network (TWN) mengajak kita untuk mematikan peralatan listrik yang kita miliki selama 4 jam yaitu mulai dari pukul 10:00 sampai dengan 14:00 WITA atau 09:00 sampai dengan 13:00 WIB pada tanggal 21 Maret 2008.

Kampanye ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari Air Se-Dunia yang jatuh pada tanggal yang sama dan masih merupakan rangkaian dari kampanye "World Silent Day" yang dikemukakan selama Konferensi PBB Tentang Perubahan Iklim yang diselenggarakan di Bali beberapa bulan yang lalu. World Silent Day merujuk pada Perayaan Nyepi di Bali yang ternyata berdasarkan hitungan kotor mampu mengurangi pembuangan emisi karbon di langit Bali berkisar sebanyak 30.000 ton pada hari itu.

Beberapa kalangan di Bali menyambut baik kampanye ini dan siap mendukung demikian pula praktisi pariwisata. Djinaldi Gozana yang Direktur Eksekutif Bali Hotel Association menyatakan mendukung sekali kampanye ini tetapi seharusnya dikampanyekan lebih awal karena diperlukan setahun agar pengusaha hotel-hotel bisa benar-benar mempersiapkan diri. Sebab tentu peralatan listrik tidak bisa dimatikan jika di hotel mereka sedang ada konferensi dan lain-lain.

Pada prinsipnya kampanye yang masih bertema "Silent Day" mengajak orang secara individu untuk melakukan penghematan secara nyata walaupun hanya 4 jam. Jika kita mampu untuk menahan diri tidak menghidupkan peralatan listrik selama 4 jam ini tentunya penghematan secara kontinyu lebih gampang kita lakukan.

Namun kembali lagi kepada masing-masing individu apakah mau mengikuti ajakan ini. Nah, bagaimana dengan teman-teman??

Tidak ada komentar: